CARA MEMPERBAIKI PSU / POWER SUPPLY
Cob22 Media Publik

CARA MEMPERBAIKI PSU / POWER SUPPLY


setelah beberapa hari  yang lalu, saya sharing cara mengatasi body cpu nyetrom, kali ini saya akan sharing cara memperbaiki psu/power supply.

psu/power supply mati biasanya karena transistor kepanasan, mengangkat beban pada motherboart yang lebih dll.

cara memperbaiki psu/power suplay:
pertama sobat siapin dulu perlatanya yaitu:
1.obeng
2.tang
3.soldier
4.tinol
5.sedotan tinol
6.avo meter
setelah semuanya siap langsung ke tkp.
lepas transistor yang menempel pada pendingin alumanium dari pcb, biasanya yang mati dua transistor yang bernomor seri kembar, yaitu bernomor seri E13007.
cek kondisi transistor menggunakan avo meter
ganti transistor jika kondisi transistor sudah tidak normal, transistor dalam keadaan minus sedikit aja psu/power supply sudah tidak bisa bekerja.
setelah penggantian transistor selesai, cek psu apakah sudah normal kembali, dengan cara menghubungkan antara kabel warna hitam dengan kabel yang berwarna hijau, jika kipas angin berputar maka psu/power supply sudah normal kembali.

catatan:
jika sobat susah mencari transistor pengganti yang bernomor seri E13007,
sobat bisa mengganti dengan persamaannya, di lihat dari segi konektor transistor hanya ada dua jenis, yaitu transistor PNP dan transistor NPN, maka untuk persamaanya pasti ada dengan melihat data basenya yang cocok untuk persamaannya.
sobat bisa menggantinya dengan transistor yang ada di psu/power supply komputer jadul pentium 1, saya pernah coba psu/power supply 450 watt mati, saya mengganti dengan transistor yang ada di psu/power supply komputer pentium 1, 100 watt bahkan sangat kuat.

cukup sekian,,semoga bermanfa'at.
Hay tamuku,Trimakasih sudah membaca CARA MEMPERBAIKI PSU / POWER SUPPLY ,Silahkan bagikan artikel CARA MEMPERBAIKI PSU / POWER SUPPLY kepada teman anda!
Share on :
 

+ comments + 3 comments

March 15, 2013 at 6:11 AM

thanks pencerahannya.. ini sangat membantu..

May 19, 2013 at 3:20 PM

sama sama.. senang bisa membantu

August 20, 2013 at 9:32 PM

Gembel amat

Post a Comment

 
Support : COB 22 | BloG SiToNga |
Copyright © 2012. Trik dan Tip - All Rights Reserved
Di Design Ulang Oleh I Template Blog Published by I Template Blog
Proudly powered by Blogger
Protected by Copyscape Web Plagiarism Scannerping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Internet Blogs Checkpagerank.net Internet Blogs
Internet free search engine submission Future Google PR for cob22.blogspot.com - 3.65 Bloggers - Meet Millions of Bloggers